Oleh : Michael Talbot

Pada tahun 1982 sebuah peristiwa yang luar biasa terjadi. Di Universitas Paris, sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh fisikawan Alain Aspect melakukan apa yang mungkin berubah menjadi salah satu eksperimen yang paling penting di abad ke-20. Anda mungkin belum mendengar tentang hal itu. Kecuali Anda memiliki kebiasaan membaca jurnal ilmiah Anda mungkin pernah mendengar nama Alain Aspect, meskipun ada beberapa orang yang percaya penemuannya dapat mengubah wajah ilmu pengetahuan. Aspect dan timnya menemukan bahwa dalam kondisi tertentu partikel subatomik, seperti elektron, mampu berkomunikasi dengan seketika satu sama lain tanpa tergantung pada jarak yang memisahkan mereka. Tidak peduli apakah mereka hanya terpisah 10 kaki atau 10 miliar mil.

Entah bagaimana setiap partikel selalu mengetahui apa yang dilakukan partikel lainnya. Masalah dengan presentasi ini adalah bahwa hal itu melanggar prinsip Einstein yang telah lama diakui bahwa tidak ada komunikasi dapat berjalan lebih cepat daripada kecepatan cahaya. Karena perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya ini berarti menembus dinding waktu, maka prospek yang menghebohkan ini akan menyebabkan beberapa ilmuwan fisika mencoba menyangkal temuan Aspect. Tapi penemuan itu telah mengilhami orang lain untuk bahkan menawarkan penjelasan yang lebih radikal.

Fisikawan University of London David Bohm, misalnya, percaya temuan Aspect menyiratkan bahwa realitas obyektif sesungguhnya tidak ada, bahwa meskipun alam semesta ini terlihat padat, sesungguhnya ia adalah khayalan, sebuah hologram raksasa yang megah dan rinci.

Untuk memahami mengapa Bohm sampai membuat pernyataan yang mengejutkan ini, pertama kita harus memahami sedikit tentang hologram. Sebuah hologram adalah foto tiga dimensi yang dibuat dengan bantuan sinar laser.

Untuk membuat hologram, obyek yang akan difoto pertama disirami sinar laser. Lalu sinar laser kedua yang dipantulkan dari cahaya yang dipantulkan dari yang pertama dan hasil pola interferensi yang terjadi (bidang tempat kedua sinar laser itu bercampur) direkam dalam film.

Ketika film ini dikembangkan, terlihat seperti sebuah pusaran tanpa arti dari garis terang dan gelap. Tapi begitu film itu disoroti oleh sebuah sinar laser, sebuah gambar tiga dimensi dari benda aslinya muncul. Tiga-dimensi dari gambar tersebut bukan satu-satunya karakteristik yang luar biasa dari hologram. Jika hologram sebuah bunga mawar dibelah dua dan kemudian diterangi oleh laser, masing-masing potongan masih akan mengandung seluruh gambar bunga mawar tersebut.

Bahkan, jika belahan itu dibelah lagi, masing-masing potongan film akan selalu ditemukan mengandung versi utuh yang lebih kecil dari gambar asli. Tidak seperti foto yang biasa, setiap bagian sebuah hologram mengandung semua informasi yang dimiliki oleh keseluruhan.

“Seluruh dalam setiap bagian” sifat hologram memberikan kita cara yang sama sekali baru memahami organisasi dan aturan. Dalam sebagian besar sejarahnya, sains Barat bekerja di bawah prinsip yang bias dalam cara terbaik untuk memahami fenomena fisik, baik seekor katak atau sebuah atom, adalah dengan membedah dan meneliti bagian masing-masing.

Sebuah hologram mengajarkan bahwa beberapa hal di alam semesta mungkin tidak akan terungkap dengan pendekatan itu. Jika kita mencoba menguraikan sesuatu yang tersusun secara holografik, kita tidak akan mendapatkan potongan-potongan yang dibuat, kita hanya akan mendapatkan keutuhan yang lebih kecil.

Wawasan ini disarankan oleh Bohm sebagai cara lain untuk memahami penemuan Aspect. Bohm yakin bahwa alasan mengapa partikel-partikel sub-atomik dapat tetap berhubungan dengan satu sama lain tanpa tergantung pada jarak yang memisahkan mereka adalah bukan karena mereka mengirimkan semacam sinyal misterius yang bolak-balik, tetapi karena keterpisahan mereka adalah ilusi. Dia berpendapat bahwa pada tingkat realitas yang lebih dalam partikel seperti itu bukanlah entitas individual, melainkan merupakan perpanjangan dari sesuatu yang secara fundamental sama. Untuk memungkinkan orang untuk lebih memvisualisasikan apa yang dimaksudkannya, Bohm memberikan ilustrasi berikut.

Bayangkan sebuah akuarium yang berisi seekor ikan. Bayangkan juga bahwa Anda tidak dapat melihat akuarium itu secara langsung dan pengetahuan Anda tentang hal ini dan apa yang terkandung di dalamnya berasal dari dua kamera televisi, satu kamera ditujukan ke aquarium depan dan yang lain ditujukan ke sampingnya.

Ketika Anda menatap kedua layar televisi, Anda mungkin menganggap bahwa ikan yang berada pada masing-masing layar itu adalah entitas yang terpisah. Ini adalah karena kamera tersebut merekam dengan sudut yang berbeda, maka masing-masing gambar akan sedikit berbeda. Tetapi ketika Anda terus menonton kedua ikan tersebut, akhirnya Anda akan menyadari bahwa ada hubungan tertentu antara mereka.

Kalau yang satu berbelok, yang lain juga membuat gerakan yang berbeda tapi sesuai; jika yang satu menghadap depan, yang lain menghadap ke suatu sisi. Jika Anda tidak menyadari seluruh situasinya, Anda mungkin akan menyimpulkan bahwa kedua ikan itu secara seketika berkomunikasi dengan satu sama lain, tapi ini jelas tidak terjadi.

Inilah, menurut Bohm, sesungguhnya yang terjadi di antara partikel-partikel subatomik dalam eksperimen Aspect tersebut.

Menurut Bohm, realitas hubungan yang lebih cepat dari cahaya antara partikel subatomik sesungguhnya mengatakan kepada kita bahwa ada suatu tingkat realitas yang lebih dalam yang kita tidak kenal, suatu dimensi yang lebih kompleks di luar kita sendiri yang beranalogi dengan akuarium itu. Dan, ia menambahkan, kita melihat objek seperti partikel subatomik sebagai terpisah satu sama lain karena kita hanya memandang hanya satu bagian dari realitas mereka.

Partikel tersebut sesungguhnya tidak terpisah menjadi ”bagian”, namun aspek dari kesatuan yang lebih dalam dan lebih mendasar, yang pada akhirnya bersifat holografik dan tak terbagi seperti mawar di atas. Dan karena segala sesuatu dalam realitas fisikal terdiri dari “eidolons/bayangan”, alam semesta itu sendiri adalah suatu proyeksi, suatu hologram. Selain alam semesta yang seperti bayangan, alam semesta itu memiliki fitur-fitur lain yang cukup mengejutkan. Jika keterpisahan yang tampak pada partikel subatomik itu adalah ilusif, itu berarti pada suatu tingkat realitas yang lebih dalam segala sesuatu di alam semesta saling berhubungan tanpa terbatas.

Elektron dalam sebuah atom karbon dalam otak manusia terhubung ke partikel subatomik yang sama yang membentuk setiap ikan salem yang berenang, setiap jantung yang berdenyut, dan setiap bintang yang terpendar di langit.

Semuanya terhubung dengan segalanya, dan sekalipun sifat manusia selalu mencoba untuk mengkategorikan, mengesampingkan dan membagi, berbagai fenomena alam semesta, semua pembagiannya adalah buatan berdasarkan kebutuhan dan seluruh alam pada akhirnya adalah jaringan yang menyatu tanpa batas.

Dalam alam semesta holografik, bahkan waktu dan ruang tidak bisa lagi dilihat sebagai fundamental. Karena konsep-konsep seperti lokasi ‘runtuh di dalam suatu alam semesta di mana tidak ada yang benar-benar terpisah dari yang lain, waktu dan ruang tiga dimensi, seperti gambar ikan di atas TV monitor, juga harus dipandang sebagai proyeksi dari tingkat realitas yang lebih dalam .

Pada tingkat yang lebih dalam dari realitas adalah semacam superhologram di mana masa lalu, sekarang dan masa depan semua ada secara bersamaan. Hal ini menunjukkan bahwa bahkan mungkin untuk suatu hari nanti dengan alat yang tepat kita dapat menjangkau ke tingkatan realitas superholografik dan mengambil adegan dari masa lalu yang telah lama dterlupakan.

Superhologram dapat menyisakan pertanyaan terbuka bagi kita. Kita dapat berargumen, bahwa superhologram itu merupakan matriks yang melahirkan segala sesuatu dalam alam semesta kita, setidaknya mengandung setiap partikel subatomik yang telah atau akan ada- setiap konfigurasi materi dan energi yang mungkin , dari butiran salju sampai quasar, dari ikan paus biru sampai sinar gamma. Semua ini harus dilihat sebagai gudang kosmik dari “segala yang ada.”

Meskipun Bohm mengakui bahwa kita tidak memiliki cara untuk mengetahui apa lagi yang mungkin tersembunyi dalam superhologram itu, ia tidak berani mengatakan bahwa kita tidak memiliki alasan untuk menganggap itu tidak mengandung sesuatu yang lebih. Atau seperti yang ia katakan, mungkin tingkat superholografik dari realitas hanyalah sebuah “panggung” yang di luarnya terletak “pengembangan lebih lanjut yang tak terbatas”.

Bohm bukanlah satu-satunya peneliti yang menemukan bukti bahwa alam semesta ini merupakan hologram. Bekerja secara independen di bidang penelitian otak, neurofisiologi dari Stanford Karl Pribram juga menjadi penemu sifat holografik dari realitas.

Pribram tertarik kepada model holografik oleh teka-teki bagaimana dan di mana kenangan disimpan dalam otak. Selama puluhan tahun berbagai penelitian menunjukkan bahwa alih-alih tersimpan dalam suatu lokasi tertentu, ingatan adalah tersebar di seluruh otak.

Dalam serangkaian penelitian yang bersejarah pada tahun 1920-an, ilmuwan otak Karl Lashley menemukan bahwa tidak peduli apa bagian otak tikus yang dia hapus ia tidak dapat menghilangkan ingatan tentang bagaimana untuk melakukan tugas-tugas rumit yang pernah dipelajari sebelum dilakukan operasi.Satu-satunya masalah adalah tidak seorang pun bisa mengungkapkan mekanisme yang mungkin dapat menjelaskan hal aneh “keseluruhan di setiap bagian” dari sifat penyimpanan memori.

Kemudian pada tahun 1960-an Pribram membaca konsep holografi dan menyadari bahwa ia telah menemukan penjelasan tentang otak yang para ilmuwan telah cari. Pribram yakin bahwa ingatan terekam bukan di dalam neuron, atau kelompok-kelompok kecil neuron, tetapi dalam pola impuls saraf yang merambah seluruh otak seperti pola-pola interferensi sinar laser yang merambah seluruh wilayah dari sepotong film yang mengandung suatu gambar holografik. Dengan kata lain, Pribram yakin bahwa otak itu sendiri adalah merupakan sebuah hologram.

Teori Pribram juga menjelaskan bagaimana otak manusia dapat menyimpan begitu banyak kenangan dalam ruang yang begitu kecil. Telah diperkirakan bahwa otak manusia mempunyai kapasitas untuk menghafal sekitar 10 milyar bit informasi selama masa hidup manusia rata-rata (atau kira-kira sebanyak informasi yang terkandung dalam lima set Encyclopedia Britannica). Demikian pula, telah ditemukan bahwa selain kemampuan yang lain, hologram mempunyai kapasitas luar biasa untuk penyimpanan informasi dengan mengubah sudut di mana kedua laser menembak pelat film, yang dimungkinkan untuk merekam banyak gambar berbeda pada permukaan yang sama. Telah dibuktikan bahwa satu sentimeter kubik pelat film dapat menyimpan sebanyak 10 milyar bit informasi.

Kemampuan mengagumkan dari manusia untuk mengambil informasi yang diperlukan dari gudang ingatan yang amat besar menjadi lebih dipahami jika otak berfungsi menurut prinsip-prinsip holografik. Jika seorang teman minta Anda mengatakan apa yang terlintas dalam pikiran ketika ia menyebut “zebra”, Anda tidak perlu kikuk menyortir kembali melalui beberapa abjad file raksasa dalam otak untuk sampai pada jawaban. Sebaliknya, asosiasi seperti “bergaris-garis”, “seperti kuda”, dan “hewan asli Afrika” semua muncul di kepala Anda langsung.

Memang, salah satu hal yang paling menakjubkan tentang proses berpikir manusia adalah bahwa setiap informasi tampaknya seketika berkorelasi-silang dengan setiap bagian dari informasi lain; fitur intrinsik lain dari hologram. Karena setiap bagian dari hologram saling berhubungan secara tak terbatas dengan bagian lain, mungkin adalah contoh tertinggi alami dari sistem berkorelasi silang.

Penyimpanan ingatan bukan satu-satunya teka-teki neurofisiologis yang menjadi lebih dapat ditelusuri dalam model holografik Pribram dari otak. Hal lain adalah bagaimana otak mampu menerjemahkan frekuensi yang diterima melalui indera (frekuensi cahaya, frekuensi suara, dan sebagainya) menjadi dunia konkrit dari persepsi kita.

Encoding dan decoding frekuensi adalah sifat terunggul dari sebuah hologram. Ketika hologram berfungsi sebagai semacam lensa, alat yang menerjemahkan dan mampu mengkonversi bentuk kabur yang tak berarti dari frekuensi menjadi gambar yang koheren, Pribram yakin bahwa otak juga merupakan sebuah lensa yang menggunakan prinsip-prinsip holografik untuk secara matematis mengubah frekuensi-frekuensi yang diterimanya melalui ia indera ke persepsi di dalam batin kita.

Banyak bukti menunjukkan bahwa otak menggunakan prinsip-prinsip holografik untuk menjalankan fungsinya. Teori-teori Pribram, pada kenyataannya, telah memperoleh peningkatan dukungan di kalangan para ahli-ahli neurofisiologi.

Peneliti Argentina-Italia Hugo Zucarelli baru-baru ini memperluas model holografik ke dalam fenomena akustik. Takjub oleh fakta bahwa manusia dapat menetapkan sumber suara tanpa menggerakkan kepalanya, bahkan jika mereka hanya memiliki pendengaran pada satu telinga, Zucarelli menemukan bahwa prinsip-prinsip holografik dapat menjelaskan kemampuan ini.

Zucarelli juga mengembangkan teknologi suara holophonic, suatu teknik perekaman yang mampu mereproduksi suasana akustik dengan realisme yang luar biasa.

Pribram percaya bahwa otak kita secara matematis membangun realitas “padat” dengan mengandalkan pada masukan dari suatu domain frekuensi yang juga telah mendapat cukup banyak dukungan secara eksperimental.

Telah ditemukan bahwa masing-masing indra kita peka terhadap suatu frekuensi yang jauh lebih luas daripada yang diduga sebelumnya.

Para peneliti telah menemukan, misalnya, bahwa sistem penglihatan kita peka terhadap frekuensi suara, bahwa indra penciuman kita sebagian bergantung pada apa yang sekarang dinamakan “frekuensi osmik”, dan bahkan sel-sel dalam tubuh kita peka terhadap berbagai frekuensi. Temuan tersebut menunjukkan bahwa hanya dalam domain kesadaran holografik saja frekuensi tersebut dipilah-pilah dan dibagi-bagi menjadi persepsi konvensional. Tetapi aspek yang paling membingungkan dari model holografik Pribram dari otak adalah apa yang terjadi bila disatukan dengan teori Bohm. Karena, bila kekonkritan dunia ini hanyalah realitas sekunder dan apa yang sesungguhnya “ada” yang adalah bentuk holografik dari frekuensi, dan jika otak juga sebuah hologram dan hanya memilih beberapa frekuensi dan secara matematis mengubahnya menjadi persepsi sensorik, apa jadinya dengan realitas objektif?

Secara sederhana, ia tidak lagi ada. Seperti agama-agama Timur telah lama mengatakan, dunia materi adalah Maya, ilusi, dan sekalipun kita mungkin berpikir bahwa kita ini makhluk fisikal yang bergerak di dalam dunia fisikal, ini semua juga adalah ilusi.

Kita sesungguhnya adalah “penerima” yang melayang melalui lautan kaleidoskopik dari frekuensi, dan apa yang kita ambil dari lautan ini dan terjemahkan menjadi realitas fisikal hanyalah satu channel saja dari sekian banyak yang bisa diambil dari superhologram itu. Pandangan baru yang mencolok dari realitas, sintesis pandangan dari Bohm dan Pribram, telah hadir untuk disebut sebagai paradigma holografik, dan meskipun banyak ilmuwan telah menanggapi dengan skeptis, ia telah menginspirasi banyak orang. Sekelompok kecil namun berkembang dari peneliti percaya mungkin model yang paling akurat ilmu realitas telah tiba sejauh ini. Lebih dari itu, beberapa percaya dapat memecahkan beberapa misteri yang belum pernah dijelaskan oleh ilmu pengetahuan dan bahkan menetapkan paranormal sebagai bagian dari alam. Banyak peneliti, termasuk Bohm dan Pribram, mencatat bahwa fenomena para-psikologis menjadi lebih dapat dipahami dalam kerangka paradigma holografik.

Di alam semesta dimana otak individu sesungguhnya adalah bagian yang tak terbagi dari hologram yang lebih besar dan segala sesuatu saling berhubungan secara tak terbatas, telepati mungkin menjadi akses ke tingkat holografik ini.

Hal ini jelas jauh lebih mudah untuk memahami bagaimana informasi dapat berpindah dari pikiran individu – kepada individu lain- pada jarak jauh dan membantu untuk memahami sejumlah teka-teki yang belum terpecahkan dalam psikologi. Khususnya, Grof merasa bahwa paradigma holografik menawarkan model untuk memahami banyak fenomena membingungkan yang dialami oleh individu selama keadaan kesadaran yang berubah.

Pada tahun 1950, ketika melakukan penelitian ke dalam keyakinan LSD sebagai alat psikoterapi, Grof memiliki seorang pasien wanita yang tiba-tiba menjadi yakin ia diasumsikan sebagai identitas seorang wanita dari jenis reptil prasejarah. Selama halusinasi, dia tidak hanya memberikan detail gambaran bagaimana rasanya berada dalam wujud seperti itu, melainkan juga mengatakan bahwa perbedaan dari anatomi mereka yang jantan adalah adanya sisik berwarna pada sisi kepala.

Apa yang mengejutkan Grof adalah bahwa meskipun perempuan tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang hal-hal seperti itu, sebuah percakapan dengan seorang ahli zoologi belakangan menguatkan bahwa pada beberapa jenis reptil memiliki warna di daerah di kepala yang memang memainkan peran penting sebagai pemicu gairah seksual.

Pengalaman wanita itu tidak unik. Selama penelitiannya, Grof bertemu contoh pasien regresi dan mengenali hampir setiap spesies di struktur evolusi. Selain itu, ia menemukan bahwa pengalaman seperti itu sering berisi rincian zoologi jelas yang ternyata adalah akurat.

Regresi ke dalam dunia binatang bukanlah satu satunya fenomena psikologis yang membingungkan Grof. Dia juga memiliki pasien yang tampaknya memasuki semacam bawah sadar kolektif atau rasial. Individu dengan sedikit atau tanpa pendidikan tiba-tiba memberikan gambaran yang terperinci tentang praktek penguburan Zoroaster dan adegan-adegan dari mitologi Hindu. Dalam kategori lain dari pengalaman, individu memberikan rincian persuasif pengalaman keluar dari tubuh, visi sekilas precognitive tentang masa depan, atau regresi ke dalam inkarnasi kehidupan nyata masa lalu.

Dalam penelitian lebih lanjut, Grof menemukan bentangan fenomena yang sama muncul dalam sesi-sesi terapi yang tidak melibatkan penggunaan obat-obatan. Karena unsur yang sama dalam pengalaman-pengalaman seperti itu tampaknya menjadi sebuah transenden dari sebuah kesadaran individu yang biasanya dibatasi oleh ego atau keterbatasan ruang dan waktu, Grof menyebut fenomena seperti “pengalaman transpersonal”, dan pada akhir 60-an ia membantu mendirikan cabang psikologi yang disebut “psikologi transpersonal” yang sepenuhnya mengkaji hal tersebut.

Meskipun Associacion of Transpersonal Psychology yang didirikan Grof telah mengumpulkan kelompok ilmuwan berpikiran profesional yang tumbuh pesat dan telah menjadi cabang psikologi yang dihormati, selama bertahun-tahun Grof atau salah satu dari rekan-rekannya belum mampu memberikan suatu mekanisme yang dapat menjelaskan berbagai fenomena psikologis aneh yang mereka saksikan. Tapi itu kemudian telah berubah dengan munculnya paradigma holografik.

Sebagaimana dicatat oleh Grof baru-baru ini, jika pikiran/mind adalah memang bagian dari suatu kontinuum, suatu labirin yang terhubung tidak hanya untuk setiap pikiran lain yang ada atau telah ada, tetapi untuk setiap organisme, atom, dan wilayah di dalam luasnya ruang dan waktu itu sendiri, fakta bahwa ia mampu sesekali melompat ke dalam labirin dan memiliki pengalaman transpersonal tidak lagi tampak begitu aneh.

Paradigma holografik juga mempunyai implikasi pada yang disebut hard science seperti biologi. Keith Floyd, seorang psikolog di Virginia Intermont College, mengatakan bahwa jika realitas yang konkrit hanyalah ilusi holografik, maka tidak benar lagi pernyataan yang mengklaim bahwa otak menghasilkan kesadaran. Sebaliknya, itu adalah kesadaran yang menciptakan perwujudan dari otak serta tubuh dan segala sesuatu di sekitar kita yang kita tafsirkan sebagai bentuk fisik.

Semacam Pembalikan cara kita melihat struktur biologis seperti itu menyebabkan para peneliti mengatakan bahwa ilmu kedokteran dan pemahaman kita mengenai proses penyembuhan juga dapat mengalami transformasi dengan paradigma holografik. Jika struktur yang tampaknya fisikal dari badan ini tidak lain daripada proyeksi holografik dari kesadaran, menjadi jelas bahwa masing-masing dari kita jauh lebih bertanggung jawab untuk kesehatan kita daripada pengobatan medis yang mungkin saat ini. Apa yang kita sekarang lihat sebagai penyembuhan mukjijat terhadap penyakit sebenarnya mungkin karena perubahan dalam kesadaran yang pada gilirannya mempengaruhi perubahan dalam hologram tubuh. Demikian pula, teknik-teknik penyembuhan baru yang kontroversial, seperti visualisasi, mungkin akan berhasil baik oleh karena dalam domain holografik gambar pikiran pada akhirnya sama nyatanya dengan “realitas”.

Bahkan visi dan pengalaman yang melibatkan realitas ”tidak-biasa” menjadi dapat dijelaskan dengan paradigma holografik. Dalam bukunya “Gifts of Unknown Things”, pakar biologi Lyall Watson menjelaskan pertemuannya dengan dukun perempuan dari Indonesia yang, dengan menampilkan tarian ritual, mampu membuat seluruh rumpun pohon langsung menghilang ke udara. Watson menceritakan bahwa ketika itu ia dan yang lain heran ketika menyaksikan kemampuan wanita itu, dia menyebabkan pohon itu muncul kembali, lalu “klik” menghilang lagi dan muncul lagi beberapa kali berturut-turut.

Meskipun pemahaman saintifik masa kini tidak mampu menjelaskan peristiwa tersebut, pengalaman seperti ini menjadi lebih mungkin jika realitas “fisik” ini adalah sekadar proyeksi holografik.

Mungkin kita sepakat tentang apa yang “ada” atau “tidak ada” karena apa yang disebut “realitas konsensus” itu dirumuskan dan disahkan di tingkat bawah sadar manusia, di mana semua batin saling berhubungan tanpa batas. Jika ini benar, itu adalah implikasi paling mendalam dari paradigma holografik, oleh karena itu berarti bahwa pengalaman seperti yang dimiliki Watson adalah tidak lazim hanya karena kita tidak memprogram pikiran kita dengan keyakinan yang akan membuat mereka begitu. Dalam alam semesta holografik tidak ada batas sejauh mana kita dapat mengubah realitas.

Yang kita lihat sebagai ‘realitas’ hanyalah sebuah kanvas yang menunggu kita untuk dilukis dengan gambar apa pun yang kita inginkan. Segalanya mungkin, mulai dari melengkungkan sendok dengan kekuatan pikiran juga untuk peristiwa fantastik yang dialami oleh Castaneda selama pertemuannya dengan dukun Indian bangsa Yaqui Don Juan, oleh karena sihir adalah hak asasi kita, ia tidak lebih atau kurang ajaib daripada kemampuan kita menghasilkan realitas yang kita inginkan ketika kita berada dalam mimpi kita.

Memang, bahkan pengertian kita yang paling mendasar tentang realitas menjadi diragukan, karena dalam alam semesta holografik, sebagaimana ditunjukkan oleh Pribram, bahkan kejadian yang acak harus dilihat sebagai berdasarkan prinsip holografik dan oleh karena itu telah ditentukan. Sinkronisitas ‘atau kebetulan yang berarti tiba-tiba menjadi masuk akal, dan segala sesuatu dalam realitas harus dilihat sebagai metafora, bahkan peristiwa yang paling kacau mengungkapkan suatu simetri tertentu yang mendasarinya. Apakah paradigma holografik Pribram dan Bohm akan diterima oleh sains atau terkubur begitu saja masih harus dilihat, tetapi kita bisa mengatakan bahwa itu telah berpengaruh terhadap pemikiran sejumlah ilmuwan. Dan bahkan jika kelak terbukti bahwa model holografik tidak memberikan penjelasan terbaik bagi komunikasi seketika yang tampaknya berlangsung bolak-balik di antara partikel subatomik, setidak-tidaknya, sebagaimana dinyatakan oleh Basil Hiley, seorang pakar fisika di Birbeck College di London , temuan Aspect “menunjukkan bahwa kita harus bersiap untuk mempertimbangkan pandangan baru yang radikal dari realitas”.